Blog personal berisi informasi menarik untuk anda semua pengunjung blog ini

Asal Usul Bahasa Melayu

Menurut ra. Hall (1964), bahasa adalah insittion yang memungkinkan orang untuk berkomunikasi dan berhubungan dengan satu sama lain yang berisi arti dan penggunaan lambang Arbitrage verbal-pendengaran.

Menurut Michael Halliday (1973), bahasa adalah urutan yang mungkin dan pilihan perilaku yang sesuai untuk individu sebagai manusia sosialisasi.

Bahasa dapat mengalami perubahan suara, makna, bentuk, urutan kalimat dan dapat mengembangkan dan "fleksibel " dalam menerima pengaruh asing.

Istilah  "Melayu " dapat dilihat dalam konsep Etimologi, studi asli gerak dan sejarah sebuah kata. Istilah  "Malay " dapat dikaitkan dengan konsep pemerintah atau wilayah berdasarkan bukti sejarah yang mengacu pada pemerintah atau daerah dan tidak mengacu pada bangsa. Di antara bukti ini adalah (https://crazitoo.com/) :

❃ M. Rhinocorura menggunakan istilah Maleu-Colon dalam karyanya berjudul Geographike Sintaxis di 100-150 AD. Menurut Gerini, istilah ini berasal dari kata Malaikurram atau Malayakolam yang merujuk pada sebuah tempat yang merupakan Tanjung Kuantan.

❃ Ada kata Malaya-dvipa yang berarti tanah yang dikelilingi oleh air dalam Kitab Suci Hindu kuno (Purana) yang ditulis dalam gautage Buddha. Peneliti menganggap bahwa istilah tersebut mengacu pada pulau Sumatera.

❃ Catatan pelancong Cina yang ditulis selama Dinasti Tang antara 644-645 Masehi berisi istilah mo-Lo-Yu atau mo-Lo-Yue. Catatan melihat bahwa ada seorang utusan dari mo-Lo-Yu pemerintah dikirim ke Cina untuk mempresentasikan tanah mereka menghasilkan ke Cina. Para peneliti berpendapat bahwa bahasa Messenger terletak di Jambi, Sumatera Selatan.

❃ Dari catatan rahib, bernama I-Tsing, menggunakan perkataan mo-Lo-Yu tentang dua kerajaan yang dihadiri 675, yaitu, pemerintah Melayu Sungai batang dan pemerintah Sriwijaya di Palembang.
Labels: Edukasi

Thanks for reading Asal Usul Bahasa Melayu. Please share...!

Back To Top