Blog personal berisi informasi menarik untuk anda semua pengunjung blog ini

Apa sih itu Baju Gamis?

Berdasarkan etimologi atau sejarah kata gamis berasal dari bahasa Arab yaitu “qomish”, artinya pakaian terusan dari bagian atas tubuh sampai pertengahan betis atau mata kaki. Namun, kata qamish tersebut telah diserap ke dalam bahasa Indonesia menjadi gamis dan mengalami pergeseran makna. Dalam KBBI, gamis bermakna kemeja, hal ini merujuk pada pakaian panjang ala Pakistan yaitu baju kemeja yang panjangnya hingga ke paha atau lebih ke bawah sedikit. Sedangkan, pakaian yang dikatakan qamish sering disebut dengan nama jubah.


Dari Pengertian lain baju gamis adalah pakaian muslim wanita (muslimah) dengan model baju menyatu antara atasan dan bawahan yang berbentuk lurus, panjang dan longgar untuk menutupi seluruh badan mulai dari leher sampai ke mata kaki.

Pada kalangan Muslimah Indonesia, baju gamis sering diidentikan dengan pakaian atau baju kurung wanita, yang menutupi hampir seluruh bagian tubuh wanita, dari bagian pundak, sampai ke bagian kaki, pakaian potongan tak termasuk ke dalam baju gamis. Mungkin ada definisi yang berbeda dengan kalimat tersebut, tetapi mungkin intinya tak jauh berbeda ya guys.


Begitu sederhananya kata gamis, tetapi rupa dan mofidikasinya sangat beragam, corak dan motif sangat beragam, sangat beragam sekali. Sepertinya tanpa iklanpun baju gamis akan tetap jaya dan terus berkembang, karena para wanita muslimah itu sendiri yang mengiklankannya. Dan tentunya gamis sudah seharusnya digunakan, terutama untuk pakaian penutup aurat. Asal gamis memang berasal dari timur tengah, tetapi sudah tidak aneh lagi jika digunakan di Indonesia, bahkan sudah mendarah daging dengan masyarakat Indonesia, karena sudah hingga ke pedalaman Indonesia dan kini sudah menjadi trend dikalangan anak muda.
Labels: Pakaian

Thanks for reading Apa sih itu Baju Gamis?. Please share...!

Back To Top