Blog personal berisi informasi menarik untuk anda semua pengunjung blog ini

Apa itu file Ekstension M3U8?

Kamu mungkin pernah download file video extension M3U8 dan tidak mempunyai referensi untuk membuka file ini? Berikut sedikit pengetahuan tentang extension file dimaksud: M3U (Moving Picture Experts Group Audio Layer 3 Uniform Resource Locator, URL MP3) adalah format file komputer yang menyimpan playlist multimedia. File ini pada awalnya dijalankan di Player Audia: Winamp, meskipun sekarang sudah didukung oleh banyak aplikasi, termasuk VLC media player, XMMS, foobar2000, juk, RealPlayer, Windows Media Player, iTunes, QuickTime Player, Yahoo! Music Player, JetAudio, RokuLabs SOUNDBRIDGE, Spider Player, dan PlayStation Portable.


Sebuah file * M3u adalah playlist metafile yang merujuk file .mp3 dan menyediakan metadata tambahan untuk item dalam daftar putar. Setiap lagu dan lokasinya memiliki jalur sendiri. Lokasi dapat berupa nama path lokal absolut atau relatif (misalnya, "C: \ My Music \ Bento.mp3" atau "Bento.mp3") atau bisa juga menjdi URL. File ini  juga dapat mencakup komentar, diawali oleh karakter "#" . Dalam ekstensi M3U, karakter "#" juga memperkenalkan acuan extensi file M3U.Salah satu penggunaan umum dari format file M3U adalah menciptakan sebuah file playlist yang berisi entri  tunggal untuk aliran di Internet. File ini dibuat untuk mempermudah akses streaming dan dapat digunakan untuk hal-hal seperti men-download dari situs web atau email, atau untuk mendengarkan radio internet. Versi unicode format M3U format M3U8, dapat mencakup UTF-8 karakter unicode. Untuk menjalankan file ini tentu membutuhkan aplikasi yang suport dengan extension ini. Berikut beberapa aplikasi dan link yang saya share kan untuk membuka file ini :

  • iTunes
  • Video LAN VLC media player
  • Winamp
  • Media Monkey
  • GOM Player

Sedangkan untuk converter yang support dengan extension M3U8 ini bisa diakses ke link berikut :

  • Any video Converter 
  • Format Factory
Saya memiliki cara Cara Ubah atau Convert m3u8 ke mp4 di Android Offline, jika anda memiliki saran lain. tulis di komentar.
Labels: Smartphone

Thanks for reading Apa itu file Ekstension M3U8?. Please share...!

Back To Top