Blog personal berisi informasi menarik untuk anda semua pengunjung blog ini

Bagaimana ilmu medis menjelaskan kesurupan?

Kesurupan seringnya terjadi pada negara-negara yang masih menganut budaya atau kepercayaan tentang hal-hal berbau mistis. tetapi, ternyata kesurupan juga dapat dijelaskan dalam sisi medis.

Kesurupan di mata medis disebut dengan “Possession Trance Disorder”. Trance and possession disorder  merupakan kategori diagnostik baru dalam Diagnostic and Statistical Manual of Mental Disorders-IV (DSM-IV). DSM sendiri merupakan standar klasifikasi gangguan mental yang dipergunakan oleh para profesional kesehatan mental di Amerika Serikat.

Dalam DSM-IV, possession trance disorder termasuk dalam kategori dissociative disorder alias gangguan disosiatif. Gangguan disosiatif merupakan hilangnya sebagian atau seluruh integrasi antara kenangan masa lalu, kesadaran identitas, dan sensasi serta kontrol dari gerakan tubuh. Ini berarti bahwa possession trance disorder dapat diklasifikasikan sebagai salah satu bentuk dari gangguan mental terkait perubahan identitas diri.

Bila diartikan secara terpisah, trance didefinisikan sebagai keadaan mental di mana individu tidak mempunyai kesadaran atas mental dan/atau lingkungannya dalam jangka waktu yang lama. Sedangkan possession disorder merupakan sebuah istilah dari pengalaman yang terjadi dalam masyarakat atau istilah yang menggambarkan pengaruh dari agen kekal (Cardena, 1992).

Berdasarkan WHO dalam ICD 10 versi 2008, possession trance disorder merupakan gangguan di mana terjadi kehilangan sementara identitas pribadi dan kesadaran penuh dari lingkungan. Termasuk di sini kondisi kesurupan yang disengaja atau yang tidak disengaja, terjadi di luar situasi keagamaan atau penerimaan budaya. Hal ini berarti kesurupan bukan terjadi karena suatu kepercayaan agama atau budaya, melainkan lebih kepada faktor mental seseorang. sumber: http://articlesonhealth.net
Labels: Kesehatan

Thanks for reading Bagaimana ilmu medis menjelaskan kesurupan?. Please share...!

Back To Top