Blog personal berisi informasi menarik untuk anda semua pengunjung blog ini

Manfaat Menggunakan Jurnal Khusus

Didasarkan dari tujuan dibentuknya jurnal khusus dalam sistem pencatatan transaksi, maka yang menjadi manfaat menggunakan jurnal khusus adalah:


a.    Kemudahan pencatatan secara sistematis

Manfaat yang diperoleh dengan adanya pencatatan ke dalam jurnal khusus, maka setiap adanya transaksi yang dengan akun yang sama akan di catat dalam jurnal khususnya masing-masing, sehingga pencatatan transaksi ke dalam jurnal lebih sitematis dan efisien.

b.    Mempercepat proses data transaksi

Manfaat lainnya dengan adanya pengelompokan data, maka pemrosesan laporan keuangan dapat lebih cepat terjadi. Sebagai contoh bila hanya dengan menggunakan jurnal umum, maka ketika terjadi 10 kali transaski, maka dibutuhkan 10 kali proses pemostingan ke buku besar. Namun apabila menggunakan jurnal khusus maka hanya dibutuhkan satu kali pemostingan kebuku besar untuk akun-akun yang sama.

c.    Menyajikan data lebih cepat dan jelas

Selain manfaat yang di atas, karena jurnal khusus memuat transaksi-transaksi keuangan yang sejenis, seperti pencatatan hanya pembelian barang dagangan, atau hanya penerimaan kas saja, maka data keuangan dapat disajikan lebih cepat dan jelas berdasarkan pengelompokan data transaksi tersebut.

d.    Mempermudah proses pemostingan ke buku besar

Dengan adanya pencatatan dalam jurnal khusus, maka manfaat yang diperoleh yaitu memudahkan proses pemostingan data transaksi ke buku besar, karena dapat dilakukan secara berkala dengan lebih praktis dan mudah. Hal tersebut karena dalam jurnal khusus semua transaksi  yang sejenis dibukukan dalam akun yang sama. Sehingga saat pemostingan beberapa transaksi dapat dilakukan secara bersamaan berdasarkan jenis akunnya masing-masing.

e.    Memungkinkan pengendalian internal yang lebih baik

Manfaat lainnya yaitu, dengan adanya jurnal khusus, maka akan ada diperlukan satu orang yang memegang bagian jurnal khusus, sehingga semua proses pencatatan jurnal tidak terpaku pada satu orang saja untuk menangani semua jurnal transaksi.

f.    Menghemat biaya

Menghemat biaya merupakan manfaat yang dapat diperoleh dengan menggunakan jurnal khusus, misalnya menghemat biaya dengan pengurangan penggunaan kertas, tidak hanya kertas namun juga menghemat waktu bahkan tenaga. Sebagai contoh bila hanya dengan menggunakan jurnal umum, maka ketika terjadi 10 kali transaksi, maka dibutuhkan 10 kali proses pemostingan ke buku besar. Namun apabila menggunakan jurnal khusus maka hanya dibutuhkan satu kali pemostingan kebuku besar untuk akun-akun yang sama.

Demikianlah uraian mengenai manfaat jurnal khusus pada perusahaan dagang, semoga dengan tulisan ini dapat menambah pemahaman anda mengenai manfaat jurnal khusus pada perusahaan dagang, tidak lupa saya mengucapkan terimakasih karena sudah membaca tulisan ini. sumber: jurnalpedia.com
Labels: Bisnis

Thanks for reading Manfaat Menggunakan Jurnal Khusus. Please share...!

Back To Top