Blog personal berisi informasi menarik untuk anda semua pengunjung blog ini

Membuka Usaha Sendiri? Siapa Takut...

Membuka usaha sendiri dapat menjadi suatu peluang kamu untuk menghasilkan uang. Apabila kamu tertarik membuka usaha sendiri, Gajimu akan memberikan tips langkah-langkah yang harus dilakukan sebelum membuka usaha sendiri.

Saat ini, banyak orang-orang yang semakin sulit untuk mendapat pekerjaan, apalagi untuk orang-orang yang tidak mempunyai keahlian khusus. Membuka usaha sendiri dapat menjadi suatu peluang bagi kamu untuk menghasilkan uang.
peppertreelibertylake.com

Memang tidak dapat disangkal, usaha sendiri terdengar atau bahkan terlihat sangat mengiurkan, menjadi boss untuk diri sendiri, waktu kerja bisa lebih fleksible, dan keuntungan yang didapat apabila usaha tersebut sukses tergolong besar. Namun, perlu anda ketahui, resiko yang dihadapi pun akan jadi jauh lebih besar dibanding menjadi karyawan perusahaan.

Apabila kamu tertarik membuka usaha sendiri, Gajimu akan memberikan tips langkah-langkah yang harus dilakukan sebelum membuka usaha sendiri.

a. Menganalisis jenis usaha terkait


Kamu harus memastikan bahwa usaha yang kamu dirikan adalah jenis usaha yang kamu minati. Hal itu akan lebih baik apabila ditunjang dengan keahlian dan pengalaman kamu di jenis usaha tersebut. Lakukan analisis Break Event Point untuk menentukan potensi yang ada dalam jenis usaha kamu. Setelah itu jelaskan rencana usaha kamu secara detail (Sales forecast, analisa arus kas,etc). Setelah itu susun rencana pemasaran yang akan kamu lakukan untuk memasarkan usaha kamu tersebut.

b. Rencanakan (Planning) Bisnis Kamu dengan menyusun konsep yang sesuai


Apabila kamu akan mencari dana dari luar, rencana usaha atau lebih kerennya business plan proposal adalah sebuah kebutuhan. Bila kamu akan membiayai usaha itu sendiri, rencana usaha juga akan membantu kamu mengetahui berapa banyak uang yang kamu akan butuhkan untuk memulai, apa yang perlu untuk dilakukan kapan, dan dimana kamu tuju.

c. Siapkan Modal


Modal merupakan faktor penting dalam memulai usaha sendiri. Tau tidak... Banyak lho orang ingin memulai usahanya, namun mereka tak mempunyai modal sehingga tidak jalan. Modal tersebut dapat dihasilkan dari beberapa macam yaitu : modal sendiri dari hasil menabung, mencari modal dari investor, atau meminjam uang dari bank, dan sistem partnership. Selain modal awal, kamu juga harus mempunyai minimal tiga bulan dari  anggaran keluarga kamu dalam bank

kamu juga dapat memulai bisnis tanpa modal dengan menjadi reseller (pengecer) dari suatu produk atau barang

d.  Buatlah usaha Kamu sebagai usaha yang Legal dan diakui dimata hukum

  • Tentukan struktur hukum untuk usaha kamu 
  • Pilih nama yang baik bagi usaha kamu 
  • Daftarkan nama usaha kamu kepada Ditjen HKI sebagai merek dagang resmi dan sah di mata hukum
  • Siapkan dokumen-dokumen organisasi
  • Selesaikan urusan pembuatan surat-surat perijinan usaha, seperti Akta Pendirian perusahaan, Nama Perusahaan, Hak atas nama perusahaan, Pengakuan dan pengesahan

e. Perluas Networking kamu 


Networking dapat menjadi landasan untuk kelangsungan usaha kamu. kamu dapat bergabung dengan komunitas yang terkait dengan jenis usaha kamu. Hal ini dapat kamu lakukan sebelum kamu memulai usaha sendiri, sehingga pada saat kamu mulai memasarkan produk/jasa yang kamu tawarkan, kamu telah mempunyai networking yang luas.

Semoga tips dari Blog ini dapat memberikan pencerahan untuk kamu yang ingin memulai usaha sendiri. Dan tak lupa saya memberikan solusi bisnis bagi kamu yaitu bisnis eco racing. Untuk detailnya kamu dapat berkunjung ke web resminya. Selamat berusaha, semoga sukses!
Labels: Bisnis

Thanks for reading Membuka Usaha Sendiri? Siapa Takut.... Please share...!

Back To Top