Blog personal berisi informasi menarik untuk anda semua pengunjung blog ini

Pentingnya Melatih Kemampuan untuk Mengelola Presentasi

Presentasi sangat erat kaitannya dengan berkomunikasi yang pada tujuannya sih sama-sama menyampaikan pesan kepada komunikan. presentasi adalah kegiatan menyampaikan topik atau berbicara di depan banyak orang untuk pengajuan suatu topik, pendapat atau informasi kepada orang lain tersebut.


Tahukah anda, Presentasi yang baik bukan berapa banyak isi presentasinya tetapi bagaimana presentasi tersebut dapat menyampaikan isi presentasinya. Dalam menciptakan kemampuan untuk presentasi dilakukan 3 tahap  proses presentasi:

  • Pertama, Persiapan, pahami siapa audiencenya, Flow, dan mulailah persiapkan presentasi. 
  • Kedua Penyampaian, dalam menyajikan lakukan secara interaktif dan beradaptasi sehingga membuatnya lebih senang. 
  • Ketiga, Umpan Balik, kita dapat melihat tujuan presentasi apakah sudah cukup memenuhi apa yang diingikan oleh narator.


Seorang presenter dalam menyampaikan pemaparan wajib memahami tujuan yang ingin disampaikan, disiapkan dengan sebaik-baiknya agar penonton tetap kondusif dengan materi presentasi yang terus berlangsung, dan melibatkan audience agar makin partisipatif.

selain itu, alangkah baiknya agar anda lebih mengenali dan memahami siapa audience yang akan diajak untuk berkomunikasi hal-hal tersebut dapat dilakukan dengan mengetahui kebutuhan dari audience, membangun hubungan yang baik, membangun kepercayaan, yang logis untuk mengajukan pertanyaan.

Kemampuan untuk berpresentasi harus mempertimbangkan hal-hal yang kaitannya dengan metode untuk mempersiapkan bahan presentasi atau teknisnya diantara lain dengan memakai Cover Presentasi yang unik sehingga dapat menarik perhatian audience, penekanan untuk memainkan data berupa angka sehingga audience dapat mengerti, memainkan font atau jenis huruf dapat membuat eyecatching sehingga dapat dikenali siapa pembuat slide menurut Nancy Duarte – Slide:ology “Slides more than 75 words…you made a document!”

Bila ingin menambahkan grafik sebaiknya posisikan dengan seunik mungkin dan mainkan warna dengan memakai latar putih atau hitam, memakai transisi sebaiknya jangan berlebihan karena membahayakan untuk tampilan slideshow atau ppt slide, dan gunakan gambar yang selaras dengan tema materi yang dibawakan.

Lalu bagaimana cara menyampaikan presentasi dengan baik? Dalam penyampaian komunikasi tidaklah mudah anda harus memahami latarbelakang dari orang yang akan anda ajak komunikasi, proses komunikasi mengatakan ada pengirim pesan dan ada juga penerima pesan namun gangguan tersebut sangatlah berpotensi untuk mengahalangi  pesan dalam berkomunikasi. Beda halnya dengan presentasi, dalam presentasi membutuhkan 93% komunikasi non verbal dalam hal ini mimic wajah dan gesture dalam presentasi sehingga dapat meyakinkan audience dan sisanya 7 % untuk komunikasi verbal yang meliputi intonasi suara dan kecepatan berbicara.

Penyampaian presentasi secara baik dapat diikuti dengan Menampilkan diri secara fisik dengan menunjukkan dan memperhatikan peserta dengan memberikan presentasi yang ringan, Mempertahankan kontak mata yang sesuai, Bergerak menuju peserta (mobile), Menghindari perilaku mengganggu yang membuat tidak fokus.

Sesi Penutup untuk presentasi yaitu periksa pemahaman dari audience, menutup sedikit dengan intermezzo atau lelucon, tanyakan umpan balik yang didapat sehingga sebagai alat belajar yang baik dan ucapkan terimakasih.
Labels: Pendidikan

Thanks for reading Pentingnya Melatih Kemampuan untuk Mengelola Presentasi. Please share...!

Back To Top