Blog personal berisi informasi menarik untuk anda semua pengunjung blog ini

System Android Rawan Malware

Android adalah sebuah sistem operasi yang sekarang ini sedang mendominasi para pengguna smartphone yang ada di dunia. Ini dibuktikan dengan banyaknya pengguna smartphone yang memiliki sistem operasi Android dan jumlah yang ada sekarang ini kemungkinan besar akan selalu meningkat mengingat bahwa perkembangan teknologi yang begitu pesat. Alasan utama kenapa smartphone Android lebih banyak dipakai adalah harganya yang sangat murah namun dengan kualitas atau spesifikasi yang terbaik. Dan untuk produsen smartphone sendiri, alasan kenapa lebih memiliki android adalah mudah untuk dikembangkan dengan berbagai fitur yang ada didalamnya. Dimana, hal ini sudah dibuktikan langsung oleh para pengguna smartphone yang memakai smartphone android.

Dan menariknya, android juga sudah membubuhi sebuah tempat belanja aplikasi terbesar yang dikenal dengan nama Google Play Store. Ya, sudah ada banyak aplikasi yang dapat kamu temukan di tempat belanja ini. Dimana, jumlah yang ada tadi sekitar 2,6 juta aplikasi. Dan aplikasi yang ada ini kemungkinan akan meningkat tajam mengingat bahwa perkembangan dunia begitu pesat dengan inovasi masyarakat dunia yang juga semakin meningkat tajam. Dan kebanyakan, aplikasi yang ada didalam tempat belanja tadi gratis alias tidak berbayar jika kamu akan menggunakannya. Namun, tidak semua aplikasi yang disediakan tadi gratis. Pasalnya, ada beberapa aplikasi yang berbayar jika kamu akan memakainya.

Dapat dikatakan bahwa aplikasi yang non berbayar memang lebih nikmat dan juga menguntungkan bagi para penggunanya. Ini disebabkan karena saat kita akan memakainya, kita tak perlu mengeluarkan ongkos tambahan untuk menikmati aplikasi yang dimaksud. Walaupun demikian, kamu disarankan untuk mengetahui aplikasi android yang rawan malware. Ya, sekarang memang ada banyak aplikasi malware yang ada didalam android. Sehingga jika kamu tak hati-hati dan ternyata sudah terlanjur untuk menginstalnya, maka berbagai data penting yang kamu miliki akan sangat rawan dicuri oleh pihak yang tak bertanggung jawab. Nah, agar kamu tidak termasuk pemakai yang menggunakan aplikasi malware, berikut adalah beberapa ciri aplikasi malware yang harus kamu ketahui.

Pertama, aplikasi yang disebut tidak disediakan di tempat jual aplikasi Google Play Store. Ya, ada banyak aplikasi yang dapat dikatakan memang terbaik dan unggul namun tak disediakan di  Google Play Store. Ini disebabkan karena aplikasi yang dimaksud tidak sesuai dengan aturan yang sudah diberlakukan oleh Google. Jadi, jika mungkin nanti kamu ingin memakainya, dapat dipastikan mendapatkannya di tempat yang lain. Nah, perlu kamu ketahui bahwa aplikasi yang sudah ada di Google saja belum tentu dikurasi dan aman dipakai. Terlebih ada aplikasi yang sama sekali tidak dikurasi dan akhirnya ditolak. Jadi, kita harus lebih berfikir jernih jika masih ngotot ingin memakai aplikasi yang ditolak oleh Google ini.

Ciri aplikasi yang malware selanjutnya adalah permintaan akses yang tak sesuai dengan apa yang kita fikirkan. Atau dengan kata lain, sangat mencurigakan. Intinya, sebelum kita akan install aplikasi yang ada di Google Play Store, biasanya ada pemberitahuan mengenai akses kedalam fungsi lain yang ada didalam smartphone. Contohnya sendiri adalah Galeri, kamera, kontak dan sebagainya. jadi, jika mungkin nanti kamu menemukan ada akses yang mencurigakan dan agak sedikit mengganjal, disarankan untuk tidak menginstalnya demi keamanan smartphone dan berbagai data penting yang ada didalamnya. Jika hal ini terjadi, segera cari aplikasi lain yang sesuai dengan apa yang kamu butuhkan.

Anda dapat melihat tutorial Cara Menghapus Aplikasi Android Yang Tidak Bisa Dihapus 
Labels: Smartphone

Thanks for reading System Android Rawan Malware. Please share...!

Back To Top